Friday, May 25, 2012

KESEIMBANGAN DUNIA


Bayangkan diri Anda mengapung di sebuah kolam yang sangat besar dan tenang. Setiap gerakan yang Anda ciptakan menghasilkan ombak dan gerakan pada air itu. Secara sederhana, Anda tidak dapat bergerak dengan tidak menciptakan reaksi air akibat gerakan Anda. Ketika Anda bergerak, Anda juga akan terpengaruh oleh arus dan ombak. Anda dan air berada dalam keseimbangan yang saling terkait. Kurang lebih itulah situasi di mana kita berada, bahwa seluruh tindakan kita mengubah atau mengganggu lingkungan kita, dan seluruh perubahan atau gangguan dalam lingkungan kita akan mempengaruhi kita.
Di lingkungan yang sepenuhnya saling terkait ini, satu tindakan akan mengakibatkan beberapa akibat. Contohnya, jika kita menyibakkan tangan ke dalam air, kita tidak menciptakan satu ombak saja namun banyak ombak kecil. Satu tindakan menciptakan banyak ombak. Sehingga kapanpun kita bertindak , dunia juga berreaksi, merespon setara dengan perubahan yang kita berikan padanya. Sebuah tindakan yang besar dan seketika menciptakan suatu perubahan besar dan seketika pula pada dunia. Sebuah tindakan yang lambat namun stabil menimbulkan suatu perubahan yang lambat namun stabil pula. Seluruh perubahan ini cepat atau lambat akan kembali pada kita.
Itu bukan berarti bahwa hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah mengapung tanpa gerak karena takut mengganggu apapun. Hidup di dunia ini selalu membutuhkan tindakan. Oleh karenanya kita harus menjadi bijaksana dalam bertindak sehingga mengurangi atau melenyapkan reaksi-reaksi yang menyebabkan kita sendiri menjadi menderita.
Kita akan menerima kekasaran dari dunia jika segala tindakan kita penuh serangan, permusuhan, dan kekasaran. Maka, berilah perubahan pada dunia secara lembut, nyaman, dan mulus, dan dunia akan merespon kepada kita dengan cara yang sama.

Catatan : Dunia / lingkungan yang dimaksud adalah segala wujud ciptaan, mulai dari benda (padat-cair-gas), tumbuhan, termasuk di dalamnya ; manusia.

1 comment:

  1. Wah, filosofis bnget nieh.. dalem.. sipp.. blognya bagus.. visit punyaku juga ya?
    tinggalin komen gitu.. :D

    ReplyDelete

Tanggap wacana :